Senin, 16 Desember 2013

Lingkungan MSDM

Faktor lingkungan dapat mempengaruhi individu yang ada di dalam organisasi. Lingkungan manajemen SDM dapat di definisikan sebagai serangkaian faktor yang mempengaruhi kinerja dari aktivitas manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari faktor internal dan eksternal. Berikut Bagan mengenai pembagiannya:
a)      Internal (Controllable Factors)
merupakan faktor-faktor dari dalam organisasi yang mempengaruhi organisasi dan merupakan faktor yang dapat dikendalikan [controllable factors)
b)      Serikat Kerja
Merupakan kumpulan dari beberapa pekerja yang berada di dalam organisasi itu sendiri.Pengembangan serikat kerja perlu di lakukan sebagai upaya membangun komunikasi antar pekerja pada level tingkat bawah, menengah dan tinggi. Komunikasi yang di harapkan adalah terjalin hubungan timbal balik antara organisasi dengan pekerja yang ada.
c)      Sistem Informasi
Organisasi sangat membutuhkan informasi ketenaga kerjaan yang ada Sistem data base setidaknya memiliki peranan aktif dalam penyampaian informasi yang ada di dalam organisasi itu sendiri
d)      Budaya Karakteristik Organisasi
Budaya organisasi menuntut sikap kerja yang baik 
Sikap individualitas perlu dihilangkan,mengingat organisasi merupakan keterpaduan team work dari setiap pekerjaan yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar