Minggu, 29 September 2013

MSDM PT.Unilever dan Indofood

UNILEVER
INDOFOOD
Manajemen sumber daya manusia yang dilakukan oleh PT Unilever yaitu dengan melakukan kegiatan manajemen sumber daya manusia berkisar pada pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan sumber daya manusia, agar ketiga pokok kegiatan tersebut berjalan lancar perlu disiapkan sistem yang handal.
-         Tahap pengadaan mencakup perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi dan orientasi.
-  Tahap penggunaan perlu memperhatikan kesesuaian antara kemampuan SDM dan apa yang menjadi tugas serta tanggung jawabnya.
-   Tahapan pemeliharaan sumber daya manusia tujuannya adalah bagaimana agar karyawan merasa puas bekerja di dalam perusahaan.
Salah satu kekuatan Unilever ada pada kualitas sumber daya manusia. Unilever secara rutin merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka. Setelah itu diberikan pelatihan mengenai sistem produksi, pemasaran dan keuangan selama tiga bulan. Mereka tidak langsung kerja tetapi ditraining terlebih dahulu di berbagai bidang seperti manufaktur, pemasaran, penelitian dan pengembangan
PT Indofood percaya bahwa karyawan adalah salah satu kelompok paling penting dari stakeholder dan unsur penting dalam keberhasilan suatu perusahaan, bahwa setiap karyawan memiliki kapasitas untuk berprestasi dan memberikan kontribusi bagi keberhasilan perusahaan. PT Indofood berusaha untuk membina hubungan baik di semua tingkat staf dan manajemen untuk saling menguntungkan, kemudian memberikan pelatihan bagi karyawannya  untuk menunjukkan skill atau kemampuan dari masing-masing karyawan sesuai dengan standart yang telah ditentukan perusahaan, memberikan pembelajaran yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, hal tersebut nantinya tidak hanya berguna bagi perusahaan saja tetapi berguna bagi perkembangan dari karyawan tersebut


 Berdasarkan uraian di atas dapat dilihat bahwa perusahaan sama-sama mengelola sumber daya manusianya sesuai dengan standart dari perusahaan masing-masing seperti memberikan pelatihan, pembelajaran, merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka, dan lain-lain, tetapi unilever memiliki keunggulan dibandingkan dengan Indofood yaitu dari sisi sistem perekrutannya, unilever secara rutin merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka yang nantinya akan diberikan pelatihan mengenai sistem produksi, pemasaran dan keuangan sesuai dengan tahap-tahap yang mereka rencanakan.

0 komentar:

Posting Komentar