Selasa, 10 Desember 2013

eksternal rekrutmen

Pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia melalui eksternal rekrutmen dapat dilakukan melalui:
Advertising atau iklan
Upaya pencarian tenaga kerja dengan cara mengiklankan atau memberikan informasi kebutuhan tenaga kerja oleh perusahaan, melalui berbagai media yang dapat diakses masyarakat. Pemilihan media yang digunakan untuk mengiklankan kebutuhan tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting yang turut menentukan efektivitas suatu iklan.
Job Fair
Upaya pencarian tenaga kerja melalui event atau suatu kegiatan kerjasama dengan pihak institusi tertentu (biasanya institusi pendidikan) untuk melakukan perekrutan.
Rekomendasi Karyawan
Pemenuhan kebutuhan tenaga kerja melalui akses yang dimiliki karyawan, misalnya melalui kenalan atau kerabat karyawan.
Pelamar Independen
Sumber tenaga kerja yang diperoleh melalui lamaran yang masuk atas inisiatif pelamar tanpa adanya proses informasi yang dilakukan pihak perusahaan.
Sumber-Sumber Masa Lalu
Sumber–sumber masa lalu adalah sumber tenaga kerja yang bisa diperoleh melalui berkas-berkas masa lalu, seperti lamaran yang pernah masuk dan telah melalui tahapan seleksi, tetapi tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan saat itu namun dinilai kompeten untuk posisi yang lain.
Proses seleksi dan penempatan merupakan proses lanjutan dari rekrutmen yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Seleksi dan penempatan merupakan rangkaian proses yang tidak bisa terpisahkan, yang fungsinya saling melengkapi dan mendukung. Hal ini relevan dengan yang diungkapkan George dan Jones tentang seleksi dan penempatan sebagai the process that managers use to determine the relative qualifications of job applicants and their potential for performing well in a particular job[7].

0 komentar:

Posting Komentar