Pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia melalui eksternal rekrutmen dapat dilakukan melalui:
Advertising atau iklan
Upaya pencarian tenaga kerja dengan cara mengiklankan atau memberikan
informasi kebutuhan tenaga kerja oleh perusahaan, melalui berbagai
media yang dapat diakses masyarakat. Pemilihan media yang digunakan
untuk mengiklankan kebutuhan tenaga kerja merupakan salah satu faktor
penting yang turut menentukan efektivitas suatu iklan.
Job Fair
Upaya pencarian tenaga kerja melalui event atau suatu kegiatan kerjasama dengan pihak institusi tertentu (biasanya institusi pendidikan) untuk melakukan perekrutan.
Rekomendasi Karyawan
Pemenuhan kebutuhan tenaga kerja melalui akses yang dimiliki karyawan, misalnya melalui kenalan atau kerabat karyawan.
Pelamar Independen
Sumber tenaga kerja yang diperoleh melalui lamaran yang masuk atas
inisiatif pelamar tanpa adanya proses informasi yang dilakukan pihak
perusahaan.
Sumber-Sumber Masa Lalu
Sumber–sumber masa lalu adalah sumber tenaga kerja yang bisa
diperoleh melalui berkas-berkas masa lalu, seperti lamaran yang pernah
masuk dan telah melalui tahapan seleksi, tetapi tidak sesuai dengan
kualifikasi yang dibutuhkan saat itu namun dinilai kompeten untuk posisi
yang lain.
Proses seleksi dan penempatan merupakan proses lanjutan dari
rekrutmen yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Seleksi dan penempatan
merupakan rangkaian proses yang tidak bisa terpisahkan, yang fungsinya
saling melengkapi dan mendukung. Hal ini relevan dengan yang diungkapkan
George dan Jones tentang seleksi dan penempatan sebagai the process
that managers use to determine the relative qualifications of job
applicants and their potential for performing well in a particular job[7].
0 komentar:
Posting Komentar