CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau
konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan
tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan
sekitar dimana perusahaan itu berada.
Contoh tanggung jawab yang dilakukan, mulai dari melakukan kegiatan yang
dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan,
pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk
pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat
yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya
masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut.
Manfaat dari CSR
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
2. Memperkuat “Brand” Perusahaan
3. Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
4. Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
5.Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
6. Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
7. Meningkatkan Harga Saham
Contoh dari program CSR yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia
(Vibiznews – Strategic) – PT.Unilever Indonesia telah banyak
melakukan beberapa program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai
bentuk tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, secara
berkelanjutan tidak hanya program korporasi tetapi juga pada brand yang
merupakan produk rumah tangga. Sukses Unilever tidak dapat diraih tanpa
kepercayaan masyarakat.
Program CSR yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah
• Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy)
• Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan tradisional (Bango) dan masih banyak lagi.
Sementara dalam bidang korporasi, di bawah payung Yayasan Unilever
Indonesia, telah menjalankan tanggung jawab perusahaannya dalam bidang :
Program pemberdayaan masyarakat / UKM (Program Pemberdayaan Petani
Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola Hidup Bersih
dan Sehat / PHBS).
Pada tanggal 31 Maret 2008, PT. Unilever Indonesia melalui Yayasan
Unilever Indonesia bersama mitra stratergisnya diantaranya Badan
Pengelola Lingkungan Hidup DKI Jakarta (BPLHD) kembali melanjutkan
program Jakarta Green and Clean (JGC) di tahun 2008 ini sebagai salah
satu bentuk kegiatan CSR.
Program CSR ini dilakukan untuk yang ketiga kalinya, sejak
digulirkannya program ini ternyata antusiasme masyarakat Jakarta sangat
tinggi, hal ini terbukti oleh semakin banyaknya jumlah peserta yang
mengikuti program ini. Dan hal ini juga membuktikan bahwa masih banyak
warga masyarakat yang peduli pada lingkungn hidup. Kebersihan dan
kelestarian lingkungan hidup akan berlangsung efektif Jika dimulai dari
keluarga sebagai lingkungan terkecil dan meluas kepada lingkungan
masyarakat sekitar. Melalui program ini diharapkan dapat lebih
menyadarkan, memberdayakan serta menampung keinginan masyarakat untuk
kembali menghijaukan lingkungan dan berbuat bijak dengan sampah rumah
tangga yang dihasilkan dengan konsep reduce, reuse dan recycle.
Gerakan Jakarta Green and cleen (JGC) ini salah satunya adalah
mengelola sampah menjadi komoditi yang lebih produktif, misalnya sampah
basah yang dahulu tidak berguna dapat diolah menjadi kompos yang dapat
digunakan sendiri atau dapat dijual, sampah kering dapat diolah menjadi
barang kerajinan. Melalui program ini dapat menginspirasi pihak lain
untuk mengelola sampah dengan baik, tidak hanya terkait dengan aspek
lingkungan saja tetapi dapat mengangkat ekonomi masyarakat kecil.
JGC mengelola isu yang sangat strategis, salah satu yang penting
sebagai sasaran JGC adalah membangun resourches dan memberdayakannya,
mulai dari pemberdayaan individu volunteers sebagai fasilitator,
pemberdayaan komunitas, sampai pemberdayaan seluruh stake holders. JGC
dapat dijadikan model yang siap untuk direplika sebagai ikon baru
pemberdayaan lingkungan hidup yang berbasis volunteer dan komunitas. JGC
bisa menjadi sumber inspirasi dan solusi tuntas pemberdayaan bangsa.
Sebab bangsa dengan lingkungan hidup yang rusak berarti kehancuran
bangsa itu sendiri.
Program JGC ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian sektor
swasta terhadap masalah lingkungan khususnya masalah persampahan,
penghijauan dan resapan di Jakarta. Diharapkan melalui program JGC ini,
kepada masyarakat dapat meningkatkan kepedulian untuk pengelolaaan
lingkungan, menggali potensi kreatifitas masyarakat dan meberdayakan
secara poxisisitf, meningkatkan pendapatan msayarakat dari mengumpulkan
sampah dan mendaur ulang sampah, memperkuat kedekatan antar warga di
masyarakat, memunculkan tokoh masyakarat yang peduli sebagai inspirasi
warga lainnya.
Melalui program ini pula, diharapkan sektor swasta lainya dapat turut
ambil bagian dalam program JGC. Dengan semakin banyak pihak yang
melakukan program seperti ini semakin besar pula dampak positif yang
akan dirasakan oleh masyarakat.
Analisis
Melalui berbagai Program CSR yang telah dilakukan oleh PT. Unilever
Indonesia menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sangat memperhatikan dan
sangat perduli terhadap kesehatan serta kebersihan masyarakat
Indonesia. Terbukti dengan suksesnya program JGC yang telah dibuat sejak
tahun 2008 hingga kini program tersebut sangat membantu masyarakat
dalam mengelola lingkungan sehat dan bersih, serta penanggulangan sampah
dimana sampah merupakan masalah yang tak kunjung berakhir. Namun PT
Unilever mampu membuat program yang dapat menanggulanginya. Tak hanya
penangulangan sampah dengan diadakannya program tersebut terciptanya
tali silaturrahmi antar warga serta meningkatkan pendapatan masyarakat.
Diharapkan program ini bisa terus berlanjut bahkan lebih baik lagi.
Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap PT Unilever semakin tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar