Kepemimpinan – Menjalankan Nilai-nilai
Selama ini, Unilever Indonesia telah sukses dalam menjalani
berbagai perubahan. Hal ini dimungkinkan oleh proses transformasi
pribadi yang juga dialami oleh karyawan. Perubahan hanya mungkin
dilakukan karena pihak manajemen pun bersedia bekerja berlandaskan
nilai-nilai yang disepakati bersama. Langkah ini berbuah sukses karena
nilai dan perilaku tersebut juga ditularkan ke seluruh perusahaan.
Setiap orang harus mengenal dan bangga terhadap nilai-nilai tersebut,
dan yang terpenting, menjalankannya. Untuk itu, nilai nilai tersebut
secara terus menerus dikomunikasikan melalui poster, kartu dan
artikel-artikel, dan didukung dengan serangkaian pemberian penghargaan
bagi mereka yang dipandang pantas menjadi teladan. Di dalam acara-acara
besar yang diadakan perusahaan, kami selalu mengambil kesempatan untuk
mengetengahkan salah satu nilai dan mengkomunikasikannya secara kreatif
kepada karyawan. Hal tersebut dapat mendorong semua manajer untuk membangun rasa memiliki terhadap
rencana pertumbuhan perusahaan, menjadikannya agenda pribadi dan terus
menjalankan nilai-nilai dengan menjadi teladan bagi orang lain. Dengan
cara ini, mereka berkembang sebagai individu, dan selanjutnya sebagai
bagian dari keluarga yang lebih besar, mereka akan mengembangkan
perusahaan kami.
Sasaran Jangka Panjang
Sasaran jangka panjang ini mengacu kepada strategi induk yang
telah ditetapkan sebelumnya. Sasaran Jangka Panjang Unilever adalah
memiliki standar perilaku yang tinggi pada perusahaan dalam bekerja sama
dengan semua orang, masyarakat dapat tersentuh dan produk yang
diciptakan dapat berdampak di lingkungan sekitar.
Strategi Fungsional
Sasaran jangka pendek mengacu pada strategi fungsional yang sifatnya
operasional. Strategi fungsional yang sifatnya lebih operasional ini
mengarah kepada berbagai bidang fungsional dalam perusahaan untuk
memperjelas hubungan makna strategi utama dengan identifikasi rincian
yang sifatnya spesifik. Strategi fungsional ini menjadi penuntun dalam
melakukan berbagai aktivitas agar konsisten bukan hanya dengan strategi
utamanya saja, melainkan juga dengan strategi dibidang fungsional
lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar