Senin, 30 September 2013

Membangun kompetensi mewujudkan strategi

Kompetensi di bidang manajemen berkaitan dengan  bagaimana manajer mampu menyelenggarakan fungsinya sebagai memajukan perusahaan. 

Kompetensi dan Strategi
Dalam konteks   menjalankan strategi,  yang menjamin strategi berjalan tidak cukup dengan  kumpulan orang-prang pintar (individu) akan tetapi juga  harus dipandu dengan  kompetensi manajemen sehingga mampu menciptakan kompetensi organisasi. Kompetensi dalam satu organisasi harus dilihat sebagai bagian daripada  strategi,  perusahaan  yang menerapkan  strategi  pertumbuhan misalnya akan membutuhkan sumberdaya manusia yang proaktif dan  mau bersaing.  Oleh karena itu,  bagaimanapun strategi  tetap dimaksudkan untuk mewujudkan strategi, menepatkan posisi perusahaan  di pasar, merebut  pelanggan   sehingga mampu memberikan nilai tambah kepada perusahaan.Selanjutnya dapat disipulkan bahwa satu organisasi ataupun korporasi harus mendasarkan outputnya atau kompetensi yang  bisa dilakukan. Pendekatan ini dikenal sebagai corporate output-based competencies. Dalam kaitan ini, maka kompetensi dimaksukan sebagai upaya memperoleh  keunggulan  di tengah-tengah persaingan yang terjadi.  Sehingga pertanyaan yang harus diajukan adalah: 1) apa yang harus dilakukan untuk  melaksanakan strategi, membuat strategi menjadi opersional dan 2)  seberap baik  kinerja yang diperoleh.

Peran Sumberdaya Manusia
Perusahaan  terdiri dari banyak aset,  dan yang paling berharga adalah sumberdaya manusia, karena seluruh aset yang ada hanya dapat  berjalan  bilamana digerakkan oleh sumberdaya manusia berkompeten.  Sumberdaya manusia dengan  kompetensi yang lebih baik  akan dapat menghasilakan kinera yang  lebih baik pula. Untuk  itu mutlak dibutuhkan perencanaan yang dimaksudkan untuk  meningkatkan kompetensi, bukan hanya kompetensi individu, team, akan tetapi juga kompetensi korporasi. Kebutuhan kompetensi  senantiasa  harus dikembangkan untuk menjadikan korporasi superior terhadap perusahaan  lain. Oleh karena itu, rancangan yang jelas  jangka panjang sangat dibutuhkan guna memastikan bahwa kompetensi korporasi dapat terpenuhi.

Apa yang harus dilakukan
Kompetensi (individu, team, dan organisasi) mutlak dibutuhkan, organisasi ataupun korporasi  tidak hanya  untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, akan tetapi juga memposisikan  perusahaan  di tengah-tengah persaingan. Artinya, ukuran akhir daripada  kompetensi perusahaan  adalah kemampuan menyampaikan nilai ke pasa dan mendatangkan  nilai bagi perusahaan. Artinya,  adapun aset yang ada bukan sekedar  kumpulan daripada kompetensi akan tetapi bagaimana mendatangkan  nilai kepada perusahaan.  Lebih dari itu,  setiap perusahaan  senantiasa mengembangkan kompetensi internal  menghadapi perubahan lingkungan perusahaan   yang berubah cepat. Lantas dari manakah sumber kompetensi satu perusahaan  harus berada,  mana yang lebih baik didatangkan dari luar atau mengembangkan potensi sumberdaya yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar